Senin, 23 November 2020

Pertemuan 1 TIK Kelas IX

 MENGENAL INTERNET DAN INTRANET


MENGENAL INTERNET

Siapa yang tak pernah mendengar istilah internet sekarang ini? Hampir semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa atau bahkan lansia sekalipun sudah tak asing lagi dengan istilah tersebut. Pengertian internet itu sendiri mungkin juga sudah bisa Anda rumuskan secara sekilas.

Bahkan kini, hampir semua aspek pekerjaan dalam kehidupan kita sehari-hari telah mengandalkan internet. Sudah bukan trik rahasia lagi untuk mencari segala solusi dan jawaban di internet.


Pengertian  Internet (International Networking, Interconnection Network, interconnected network) :

  1. Secara teknis, Internet merupakan dua komputer atau lebih yang saling berhubungn membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia yang saling berinteraksi dan bertukar informasi

  2.  Dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa text, graphic, audio maupun animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik.
  3.  Dari segi komuniksai, internet adalah sarana yang sangat efisien dan efektif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun di dalam lingkungan perkantoran.
  4. Secara umum, Internet  adalah kumpulan atau jaringan komputer yang terdapat di seluruh dunia dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

Istilah lain untuk internet adalah Dunia Maya, Cyberspace, Home Page, atau WWW (Word Wide Web).
Internet merupakan Media Informasi tanpa batas yang belakangan populer dengan sebutan Cyberspace. Seperti  halnya dunia  nyata (ada  baik-buruknya), di dunia maya juga ada  hal positif  dan negatifnya. Internet bisa memberikan  informasi yang sifatnya mendidik,  positif  dan  bermanfaat bagi kemaslahatan ummat manusia. Tapi juga bisa dijadikan sebagai lahan kejelekan dan kemaksiatan.

Hanya etika, mental dan keimanan masing-masinglah yang menentukan batas-batasnya.”

Internet menggunakan bahasa komputer standard (secara teknis dikenal sebagai protokol) yang memungkinkan beragam jaringan komputer dengan komputer yang berbeda untuk saling berkomunikasi. Protokol ini secara resmi dikenal sebagai TCP/IP ( Transmission Control Protokol/ Internet Protokol).

Protokol adalah kumpulan dari aturan-aturan yang berhubungan dengan komunikasi data agar komunikasi dapat dilakukan dengan benar.

Fungsi TCP/IP tersebut yaitu memberi suatu alamat pada setiap komputer dalam bentuk nomor sehingga masing-masing komputer mempunyai identitas.


      MENGENAL INTRANET

Intranet adalah jaringan komputer yang hanya diperuntukkan dalam lingkup perusahaan atau institusi. Walaupun intranet merupakan jaringan internal milik perusahaan, tapi dapat menyambungkan perusahaan pusat dengan cabang, menghubungkan pemasok dan pelanggan lewat internet. Jaringan komputer yang termasuk dalam intranet adalah LAN dan MAN.

Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet”, atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

Intranet memungkinkan karyawan perusahaan mengakses data atau sumber daya dari perusahaan lain. Berikut ini beberapa keuntungan  dari intranet, yaitu :

1)       Proses  distribusi dan pertukaran informasi antar pemakai di dalam jaringan menjadi lebih cepat dan mudah.

2)       Pemakai dapat mengakses semua sumber daya internal dan eksternal, tanpa perlu belajar berbagi paket sofware dengan menggunakan client intranet

3)       Komunikasi dan pertukaran informasi atar departemen dalam satu perusahaan dapat berlansung lebih cepat dan aman tanpa dibatasi waktu.

4)       Dapat digunakan untuk membuat apliksi bisnis yang berifat interaktif yang dapat diakses secara luas oleh pemakainya dimana pun mereka berada.

5)       Kombinasi anta perusahaan dapat berlansung dengan kombinasi intranet dan iternet.

6)       Pemakai dapat mencari dan menemukan informasi secara mudah dari berbagai sumber  dan kapan saja

7)       Dapat menghubungkan antar karyawan untuk saling berkomunikasi dan kolaborasi

8)       Komunikasi antar cabang dapat dilakukan melalui e-mail yang menggunakan saluran pulsa lokal

9)       Menghemat biaya proses bisnis dan layanan yang lebih banyak

10)   Melindungi investasi pemakai

11)   Adanya pemusatan data sehingga tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berhak.

 

 

 Perbedaan antara Internet dan Intranet terdapat pada :

Internet

Intranet

Internet dalah jaringan global  yang menghubungkan jutaan komputer

Intranet adalah jaringan yang hanya menghubungkan komputer dari kelompok orang tertentu (sekolah, perusahaan atau organisasi)

Jumlah pengguna tidak terbatas

Jumlah pengguna terbatas

Informasi di internet terbuka untuk semua

Informasi pada intranet dapat diakses melalui internet dengan login menggunakan password

Mengandung informasi tanpa batas dari berbagai sumber

Berisi informasi yang relevan untuk kelompok orang tertentu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahan Ajar

Pertemuan 2 TIK Kelas IX

  FASILITAS / LAYANAN YANG ADA   DALAM   INTERNET WWW (World Wide Web), lebih dikenal dengan web, merupakan fasilitas yang berisi database ...