Senin, 23 November 2020

Pertemuan 2 TIK Kelas IX

 

FASILITAS / LAYANAN YANG ADA  DALAM  INTERNET

  1. WWW (World Wide Web), lebih dikenal dengan web, merupakan fasilitas yang berisi database terdistribusi. Kita dapat mengakses berbagai informasi melalui situs web yang berupa teks, gambar, suara, film, maupun multimedia.
  2. E-MAIL (Elektronik Mail), digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Dengan menggunakan e-mail, kita dapat mengirim dan menerima e-mail dari dan ke pengguna internet di seluruh dunia.
  3. Mailing List, merupakan fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan fasilitas e-mail
  4. Telnet, merupakan fasilitas untuk mengakses remote computer yang terletak di tempat lain. Dengan menggunakan fasilitas ini, pemakai jarak jauh dapat mengendalikan, menukar file antar pengguna komputer, dan menjalankan program yang ada di komputer tersebut. Agar dapat mengakses telnet, pengguna komputer harus registrasi terlebih dahulu.
  5. FTP (File Transfer Protokol), digunakan untuk mengambil data file secara elektronik. Proses mengirim file dari sebuah komputer ke komputer anda disebut dengan proses download, sedangkan proses mengirim file dari komputer anda ke komputer lain disebut upload.
  6. Gopher, system dimana pemakai dapat mengakses informasi di computer lain. Beda gopher dengan web adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, melainkan hanya teks. Oleh sebab itu gopher mulai banyak ditinggalkan para pemakai internet saat ini.
  7. Chatting, merupakan suatu fasilitas untuk berkomunikasi, dimana pemakai dapat saling berdiskusi atau berbincang-bincang dengan pemakai lain.
  8. Newsgroup, biasa disebut ruang percakapan bagi para anggota yang mempunyai kepentingan sama.
  9. Video Conference, teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahan Ajar

Pertemuan 2 TIK Kelas IX

  FASILITAS / LAYANAN YANG ADA   DALAM   INTERNET WWW (World Wide Web), lebih dikenal dengan web, merupakan fasilitas yang berisi database ...